top of page
  • Writer's pictureMartin Simamora

Konsultasi Perawatan & Pembersihan Instalasi Pengelolaan Limbah B3 Internal Pabrik


Photo Credit: Martin Harry Simamora, "instalasi pengelolaan limbah B3 internal Plant

  • Instalasi Pengelolaan Limbah B3 Internal, mengapa penting mengelola sendiri?

Jawabannya: Peraturan atau regulasi dan perundang-undangan lingkungan hidup yang semakin ketat: UU No.32 Tahun 2009 Pasal 103 " Setiap orang yg menghasilkan limbah B3 dan tidak melakukan pengelolaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 59, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun dan denda paling sedikit Rp. 1 Milyar dan paling banyak Rp. 3 Milyar"


Itu sebabnya, menjadi sangat penting, vital dan strategis untuk dapat memastikan perawatan setiap fasilitas pengelolaan limbah B3 internal pada setiap pabrik.


  • Komponen-Komponen Perhitungan Biaya "Special Cleaning Project":

-SDM/ Man Power : Jumlah 20-40 personel bergangtung pada "beban kerja"

Asumsi : Rp.300.000 x 20 personil: 6.000.000,- per hari dengan 10 jam kerja

-Pengadaan APD baru

Asumsi: Rp.10.000.000,-

-Jasa Cleaning Instalasi Pengelolaan Limbah Internal misal: instalasi sludgepool

Asumsi biaya ini memperhitungkan tonase/volume limbah cair dan limbah sedimen/residunya; memperhitungkan tingkat kesukarannya, memperhitungkan tingkat bahaya limbah B3 terhadap kesehatan dan keamanan pekerja cleaning, memperhitungkan prasarana/sarana/peralatan khusus yang harus diadakan untuk menunjang pekerjaan dan/atau keamanan selama pengerjaan dilangsungkan

-Biaya Transportasi Limbah B3: mengacu pada tonase dan jenis limbah serta

jarak sumber limbah menuju Pengolahan Limbah B3 yang telah ditunjuk

-Biaya Pengolahan Limbah B3 pada Pengolah Limbah B3 yang telah ditunjuk


  • Perencanaan Cleaning atau Pembersihan Instalasi Pengelolaan Limbah B3 internal dilakukan paling lambat 2 bulan sebelum tanggal yang dijadwalkan oleh manajemen pabrik. IDC Special Unit akan terlebih dahulu melakukan Pra-Survei untuk meninjau 3 hal penting: Kondisi Limbah B3 pada instalasi, apakah masih pada status yang aman , memastikan volume limbah serta jenis limbahnya, dan mengetahui tingkat kesukaran beserta resiko-resiko apa saja yang harus diantisipasi, diperhitungkan dan bagaimana langkah-langkah penanggulangannya.

  • Berkoordinasi dengan pihak Plant/Pabrik dalam hal ini HSE dan atau unit Produksi tentang tata cara pelaksanaannya


  • Ingin merencanakan dan melaksanakan perawatan Instalasi pengelolaan limbah B3 internal? Anda dapat menghubungi IDC Special Unit martin@yourservice untuk membicarakan, mendiskusikan dan merencanakannya, dengan menghungi Martin di 08128147771


IDC Special Unit

martin@yourservice

08128147771


4 views0 comments
bottom of page